Sponsors

Selasa, 10 Mei 2011

Akibat Globalisasi


Teman di era globalisasi, unsur-unsur budaya asing akan mudah masuk ke dalam suatu negara bukan? Tidak terkecuali negara kesayangan kita Indonesia. Hal ini dikarenakan salah satu ciri globalisasi adalah arus informasi yang sangat cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia. Unsur budaya yang masuk pada akhirnya akan memengaruhi atau bahkan mengubah cara pikir, cara kerja dan cara hidup kita.
Perlu teman ketahui, antara ketiga hal tersebut cara hidup lebih mudah terkena pengaruh dan berubah sehingga timbul gaya hidup baru dalam masyarakat. Perubahan sebagai pengaruh budaya asing yang bersifat positif maupun negatif.

Budaya asing yang membawa dampak positif diantaranya adalah cara berpikirnya terbuka, logis, rasional, disiplin dan menghargai waktu. Pada masyarakat modern sering ada istilah "time is money" atau waktu adalah uang. Dengan demikian, orang dengan gaya hidup modern akan sangat menghargai waktu dan cenderung disiplin dalam bekerja.

Namun, ada juga unsur-unsur budaya asing yang kadang berpengaruh negatif pada diri kita. Beberapa diantaranya adalah gaya hidup mewah, perilaku konsumtif, budaya materialistis, pergaulan bebas dan minum-minuman berakohol. Ada kalanya sikap dari budaya asing juga ada yang kurang sesuai diterapkan dalam budaya kita. Misalnya, penggunaan tangan kiri dalam melakukan sesuatu pekerjaan. Bagi masyarakat kita dianggap tidak sopan, tetapi mungkin itu hal yang biasa bagi masyarakat negara lain.






Dias 

0 comments ;D:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More