Sponsors

Jumat, 20 Mei 2011

Akibat Globalisasi 2

Dias Berbicara,
Tentu saja teman-teman tahu bahwa globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Bila kita tidak secara bijak dan hati-hati, salah-salah kita terjerumus dengan kejamnya kehidupan diera globalisasi ini bukan?
Kali ini saya akan memberikan beberapa akibat globalisasi bagi kependudukan di Indonesia khususnya, karena globalisasi kita kenal dengan adanya urbanisasi, apakah urbanisasi itu? Urbanisasi menurut KBBI sebagai berikut ur·ba·ni·sa·si n 1 perpindahan penduduk secara berduyun-duyun dr desa (kota kecil, daerah) ke kota besar (pusat pemerintahan).

Urbanisasi memberi banyak sisi positif tetapi juga besar menyumbangkan dana negatif bagi kualitas maupun kuantitas kependudukan, itulah yang saya tangkapd dari berbagai perbincangan didunia maya maupun melalui beberapa buku-buku reverensi. Pertumbuhan penduduk yang pesat dan tidak rata ditambah tanpa diimbangi dengan pencapaian kualitas sumber daya manusia yang tinggi, akan menghasilkan munculnya berbagai permasalahan kependudukan.
Seperti kemiskinan, kemiskinan bukan hal yang sepele, karena itu juga mempengaruhi kesejahteraan negara teman. Kesehatan pun juga menjadi permasalahan dari masalah kependudukan yang didukung keadaan lingkungan yang kurang sehat dan bersahabat dapat membantu pencampaian tujuan menurunnya kesehatan masyarakat.
Jumlah penduduk yang besar juga berakibat kurang baik, oleh sebab itu pada masa pemerintahan orde baru digalangkan program Keluarga Berencana (KB) dengan motto "Dua anak lebih baik".
Untuk menanggulangi kepadatan penduduk dan pemerataann penduduk juga diadakan program transmigrasi. Tahukah teman, program transmigrasi pertama pada zaman? iya pada zaman Belanda, karena penduduk di Jawa sudah banyak sedangkan pulau-pulau lain belum terlalu terisi dengan penduduk yang sepadan.
Pergaulan yang kurang baik seperti, mabuk, narkoba dan lain-lain juga berperan aktif membuat permasalahan penduduk apalagi sudah masuk ke pergaulan remaja.
Itu saja yang dapat saya sampaikan, makasih teman-teman.
Mari kita bulatkan tekad, membantu dan menyuport segala kebijakan dan program pemerintah dengan tujuan peningkatan kualitas hidup negara, dan kita jaga diri kita, keluarga kita, sahabat kita, dan seluruh handai tolan untuk menjaga diri kita dari beberapa sisi negatif globalisasi seperti mabuk, narkoba, maupun seks bebas dengan mengatakan "tidak" untuk mempertahankan dan memperbaiki moral bangsa. (dias, 20 May 2011)

0 comments ;D:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More